Selasa, 01 Juli 2008

SEDEKAH DALAM BERBISNIS

Nasihat Luqman (seorang tokoh saleh) kepada anaknya agar hidup bahagia:
“Jagalah agamu (Islam), carilah harta yang halal dan bersedekahlah, serta milikilah rasa malu untuk berbuat maksiat. Muara semua itu adalah hidup yang berkah.”

Sedekah merupakan salah satu pilar terpenting dalam menjalankan roda bisnis. Benarkah bersedekah dapat mendongkrak omset dan keuntungan sebuah perusahaan? Sekilas, hal itu seperti sesuatu yang bersifat paradoks. Mengeluarkan uang kok bisa mendapatkan peningkatan omset dan keuntungan.

Namun, ternyata banyak sekali pengusaha muslim yang membuktikan bahwa sedekah justru merupakan jalan tercepat untuk memajukan bisnis. “Sedekah itu mendatangkan keberkahan luar biasa dalam hidup, termasuk dalam berbisnis. Keberkahan itu antara lain mencakup kesehatan, keuntungan, keselamatan, dan kemudahan dalam segala urusan,” kata pemilik Pandu Logistik Group Muhammad Bakthi Kasry.

Pengusaha yang bergerak di bidang kurir dan kargo itu mengaku sudah lebih dari 20 tahun mengamalkan ilmu sedekah. “Al-Qur’an memerintahkan kepada kita untuk bersedekah, sebab dalam rezeki kita terdapat hak orang lain. Bagi saya, sedekah itu merupakan salah satu pilar terpenting dalam menjalankan roda bisnis. Pilar-pilar lainnya misal menjaga kepercayaan, mutu pelayanan, dan harga yang bersaing,” tuturnya. Bisnis Pandu Logistik bisa terus berkembang pesat hingga mempunyai cabang di 150 kota di Indonesia dan mempekerjakan sekitar 2500 karyawan.

Bagaimana?

Tidak ada komentar: